Pengertian E-Business Dan Contohnya Serta Keuntungannya
Pengertian e-business
dan contohnya serta keuntungannya yang bisa di dapatkan. Mari kita
pelajari dan pahami bersama-sama mengenai definisi e-business yang
mungkin saat ini sedang tren, dan penjelasannya dapat kamu baca dibawah
ini:
A. Apakah yang dimaksud e-business?
Yang dimaksud dengan Electronic Business atau E-Business
adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan
melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan
dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan
bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola
bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan
Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis
perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit
maupun nonprofit suatu perusahaan.
E-business dapat dikatakan juga sebagai
iklan supaya para konsumen dapat membeli produk-produk perusahaan.
Sehingga e-business sangat berguna bagi e-comerce, karena fungsi dari
e-business yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti
bagian prroduksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan
menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan
sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.
B. Strategi e-business pada perusahaan
Adapun konsep atau strategi yang
dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business dapat dibagi menjadi
beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
a. ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan strategi bisnis dari sistem
informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai
sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.
Apakah yang dimaksud E-Business?
b. EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan strategi bisnis menganai
konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan
dapat bertukar informasi.
c. CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
d. SCM (Supply Chain Management)
Merupakan strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
C. Keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business
Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan e-business perusahaan atau pembisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis dapat menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen dapat melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.
D. Kelebihan dan kelemahan e-business
Adapun beberapa keunggulan atau kelebihan dari e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Akses yang mudah
Maksudnya supaya dapat terhubung atau
berinteraksi jarak jauh atau tidak langsung dengan konsumen, para
pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
b. Lebih tepat sasaran
Jadi para pembisnis yang mempromosikan produknya akan lebih tepat sasaran, sehingga konsumenpun akan bertambah.
c. Menghemat waktu
Jika untuk berinteraksi ataupun
bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui rekan bisnis, maka
dengan e-business komunikasi dapat dilakukan secara online di internet
sehingga dapat menghemat waktu.
d. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Kebanyakan slalu orang beranggapan bahwa
untuk memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup besar,
khususnya dalam melakukan promosi produk yang akan di jual. Sedangkan
sekarang ini dapat dilihat banyak sekali orang yang berbisnis
menggunakan internet atau secara online dengan modal yang sedikit atau
tidak terlalu besar. Hanya dengan modal yang kecil dan di dukung dengan
koneksi internet yang memadai, banyak orang yang langsung bisa
menjalankan bisnis. Contoh bisnis di internet adalah menjadi reseller,
jadi hanya menjual ulang produk-produk yang dijual oleh penjual lain
tentunya dengan kesepakatan yang sudah disepakati sebelumnya.
Adapun beberapa kelemahan yang dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun sebaliknya
Jadi tidak ada akses antara pembisnis
dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi tatap muka secara langsung
antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus membuat kesepakatan
terlebih dahulu.
b. Beresiko terjadinya penipuan
Karena transaksi tidak secara langsung
maka beresiko terjadinya penipuan, terutama bagi pembisnis pemula yang
masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet. Tapi saat ini
banyak sekali cara untuk menghindari penipuan salah satunya dengan
transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi menjadi lebih
aman.
E. Unsur-unsur e-busines
Adapun unsur-unsur pada e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Pelaku bisnis
Diantaranya seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.
b. Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya seperti Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
c. Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya seperti kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi bisnis utama.
d. Tujuannya
Diantaranya seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan berbagi informasi.
e. Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
Diantaranya seperti pendekatan yang
relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas,
peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.
0 komentar:
Posting Komentar